-->

Alami insiden seperti Choirul Huda, Nyawa bek swiss terselamatkan - Sandalin


Sandalin - Hai sandalares pemain swis Fabian Schaer hampir saja kehilangan nyawanya dalam pertandingan kualifikasi piala eropa 2020 ketika melawan Georgia pada Sabtu (23/3/2019).

ketika pertandingan pada menit ke-24, Fabian Schaer mengalami benturan hebat dikepala dengan bek Georgia, Jemal Tabidze.

Benturan keras tersebut membuat Schaer tak sadarkan diri. bahkan nyawanya hampir tak terselamatkan karena mengalami lidahnya tertelan dan menghambat jalur pernapasannya.

Cedera seperti itu dapat menimbulkan kematian dikarenakan mengalami hypoxia, atau kekurangan oksigen.

Cedera Schaer juga pernah menimpa eks kiper legenda Persela Lamongan, Alm. Choirul Huda, yang meninggal dunia yang disebabkan karena dia mengalami benturan keras di tengah pertandingan pada Oktober 2017 silam.

Hypoxia sempat dikabarkan menjadi penyebab meninggal nya Choirul Huda, dikarenakan dia sempat menjulurkan lidah sebagai tanda kalau dia kesulitan bernapas.

Tetapi, tim dokter yang menangani menyebut kalau Huda mengalami trauma pada bagian dada, rahang, dan leher yang menjadi penyebab kiper Legendaris Persela lamongan itu mengalami gagal napas dan gagal jantung.

Nyawa Schaer dapat diselamatkan karena dia langsung mendapat pertolongan pertama setelah mengalami insiden tersebut.

Gelandang Georgia, Jano Ananidze, langsung sigap mengembalikan posisi kepala Schar kembali mendongak ke atas sekaligus menarik lidah bek Newcastle itu ke posisi awal.

Schaer akhirnya sadar dan pulih dengan cepat setelah mendapatkan perawatan dari tim medis. bahkan dia kembali tampil hingga pertandingan selesai.

setelah insiden itu Schaer juga ikut membatu membangun serangan yang berujung gol kedua bagi Swiss dan merubah skor menjadi 2-0, skor tersebut bertahan hingga pertandinga selesai.

"Kejadiannya tampak mengerikan. Saya tidak dapat mengingat apa pun," jelas Schaer tentang insiden yang dia alami.

"Saya pingsan selama beberapa detik. Tengkorakku masih berdengung. Leherku juga masih terasa sakit dan ada memar di dahiku. Tetapi itu sepadan [dengan kemenangan]," sambungnya.

Di sisi lain, insiden tersut juga membuat pemain Georgia, Jemal Tabidze, mengalami luka yang cukup parah. Dia sempat pingsan dengan darah mengalir dari kepalanya.

Sama seperti Schaer, Tabidze akhirnya pulih dan kembali bermain dengan perban di kepalanya. tetapi, dia lebih dulu keluar setelah diganti oleh pelatihnya pada babak kedua.

3 Responses to "Alami insiden seperti Choirul Huda, Nyawa bek swiss terselamatkan - Sandalin"

  1. duh.. bahaya yg kayak gini...
    pdahl even internasional tu

    ReplyDelete
  2. Dalam sepakbola hal2 semacam2 bisa saja terjadi. Peristiwa Chairul Huda itu semata2 krn medis yg tdk cepat tanggap dalam menangani.

    ReplyDelete
  3. Wah, untung terlesamatkan
    Bahaya kalau gak buru buru di selamatkan bisa tewas.
    Mampir juga ke blog saya mas tentang tutorial:
    Masandrisutisna

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel