-->

Cara menangani HP yang kemasukan air - Sandalin

Sandalin - Hai sobat sandalers, mungkin kalian pernah ketika kalian menaruh handphone kalian disebelah minum kalian, dan tidak sengaja minuman kalian tumpah sehingga membuat hp kalian kemasukan air, atau ketika kalian dikamar mandi dan hp kalian secara tidak sengaja tercebur dibak mandi, hahaha itu memang menyebalkan, dan bisa-bisa hp kalian jadi rusak karena terkena air, yaa kecuali hp kalian yang anti air, meskipun kalian rendam diair ya santai santai aja hahaha.


tetapi sekaran hp yang menggunakan teknologi waterproof atau anti air masih sangat terbatas, tetapi kalian tidak perlu khawatir lagi jika hp kalian belum menggunakan teknologi waterproof terus hp kalian kemasukan air, karena banyak sekali cara agar bisa mencegah kerusakan kepada smartphone yang kemasukan air, bagi kalian yang membaca artikel ini kalian sangat beruntung. mengapa? karena saya kali ini akan menjelaskan 4 cara menangani hp yang kemasukan air.

1. Matikan HP kalian
Ketika HP kalian kemasukan air, Carra yang pertama adalah segera mematikan smartphone kalian. dan jangan hanya mematikan smartphone, kalian juga harus melepas baterainya

supaya komponen smartphone kalian tidak ada yang konslet, mengalami kerusakan, atau bahkan terbakar, dan sebaiknya kalian juga mengeluarkan kartu sim, SD Card, dan komponen yang lainnya

guna mematikan smartphone dan melepas komponen ini berguna untuk mencegah kerusakan yang menyebar sehingga bisa menyebabkan konsel/terbakar. dan jika sudah dilepas, kalian jangan langsung dipasang, tunggu beberapa menit/jam sampai hp kalian kering.


2. Buka casing HP kalian
Jika kalian sudah mematikan Smartphone dan melepas komponen yang terpasang, kalian juga harus membuka casing HP kalian yang basah.  membuka casing HP berguna untuk membuka aliran udara.

Kalian tidak perlu melepas casing hingga melepaskan sekrup di bodi HP. HP kalian yang mempunyai Liquid Damage Indicator (LDI) yang jika dirusak, maka kalian akan kehilangan garansi HP kalian.

Setelah membuka casing, kalian bisa menggoyang-goyangkan HP kalian secara perlahan untuk mengeluarkan air di dalamnya. Hati-hati saat menggoyangkan HP! Bisa-bisa air yang ada di dalamnya malah semakin menyebar ke bagian-bagian lain.


3. Gunakan kain untuk menyerap air
Jika kalian takut untuk menggoyangkan HP kalian karena khawatir air akan menyebar ke bagian yang lain, maka kalian cukup menggunaka kain saja untuk menyerap air yang ada diHP kalian

dan pastikan kain yang kalian gunakan benar-benar mudah menyerap air dalam kondisi kain itu kering. cara cukup mudah kalian hanya perlu menempelkan kain tersebut ke bagian basah dan tidak perlu menggosok karena hanya akan menyebarkan air.


4. Gunakan beras atau slica gel
Dan cara terakhir yang ampuh untuk mengatasi HP kalian yang kemasukan air adalah menggunakan beras atau slica gel. cara yang satu ini merupakan cara mengatasi HP basah yang sangat populer.

Untuk menggunakan beras atau slica gel, kamu bisa menggunakan ziplock untuk menaruh beras atau slica gel nya.

Beras dan slica gel dipercaya mampu mengurangi kelembaban. Caranya adalah kalian cukup masukkan beras kering atau slica gel ke dalam ziplock. dan kubur HP kalian ke dalamnya. Biarkan selama dua hari. dan jangan diambil apalagi dinyalakan!

Setelah dua hari, keluarkan HP kalian dari ziplock dan bersihkan. terus periksa layar HP kalian. Jika masih ada uap air, masukkan kembali dalam ziplock. Jika sudah benar-benar kering, tidak ada uap air, dan tidak lembab, coba masukkan baterai ke hp kalian dan nyalakan.

Jika berhasil dan smartphonemu aktif kembali, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengisi daya. Namun jika ternyata HPmu tidak bisa terisi, mungkin baterai mengalami kerusakan. Kamu bisa memeriksakan HPmu ke tempat service untuk segera ditangani.
●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●

Nah itu tadi 4 cara untuk mengatasi HP kalian yang kemasukan air cara cukup mudah bukan, dan cara diatas tadi benar -benar terbukti loh, ok semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi kalian, Wassalamualaikum Wr.Wb

2 Responses to "Cara menangani HP yang kemasukan air - Sandalin"

  1. hmmm... jadi gitu y gan caranya lumayan simple sih tapi di jamin work ga nih ?

    ReplyDelete
  2. Dulu kalau HP kemasukan air, pasti ane rendem dalam beras. Dan alhamdulillah kadang2 berhasil. Terima kasih Gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel