-->

Ezra Walian dilarang tampil membela Timnas Indonesia? - Sandalin


Sandalin - Hai Sandalers FIFA selaku Federasi Sepak Bola Tertinggi Dunia, akhirnya mengeluarkan keputusan soal permasalahan status Ezra Walian yang sampai sekarang terkendala masalah administrasi jelang Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 bersama Timnas Indonesia U-23.

FIFA memberi keputusan kepada Ezra Walian yang merupakan pemain naturalisasi Indonesia, Ezra Walian tidak dapat membela Timnas Indonesia di turnamen resmi FIFA di AFC.

FIFA melarangan Ezra Walian membela Timnas Indonesia dikarenakan dia pernah membela Timnas U-17 pada turnamen resmi UEFA, yakni Piala Eropa U-17. Keputusan itu diambil berdasarkan Statuta FIFA pasal 5 ayat 2. Pada pasal 5 ayat 2 Statuta FIFA, jika seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi, tidak berhak untuk membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Dalam Statuta FIFA tentang status pemain yang berganti asosiasi, dijelaskan bahwa seorang pemain hanya diperbolehkan sekali berganti kewarganegaraan sehingga dia diperbolehkan membela negara lain dalam pertandingan internasional. Itu pun ada syarat yang harus dipenuhi.


Dan pemain itu tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A dengan asosiasi sebelumnya, termasuk sebagai pemain cadangan. jika dia pernah bermain untuk negara lain, dia tidak berhak bermain lagi untuk asosiasi barunya.

Di masalah ini, Ezra bakal didaftarkan ke laga resmi Level A yaitu Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. "Berdasarkan data dari dokumen yang kami terima, Ezra Walian tidak berhak meminta berpindah asosiasi karena dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi sebagai perwakilan Belanda," isi surat yang ditandatangani Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, dan Head of Players' Status, Erika Montemor Ferreira pada tangga 21 Maret 2019 lalu.


Masalah yang dialami Ezra tersebut berawal, ketika AFC mengetahui kalau Ezra adalah pemain naturalisasi Indonesia. lalu pihak AFC meminta dokumen pendukung dari PSSI untuk memastikan status kewarganegaraan FIFA. Ketika meminta persetujuan dari FIFA, Ternyata Ezra melanggar statuta tersebut.

Mengenai hal itu, PSSI tidak bisa berbuat banyak dan menghormati keputusan FIFA terkait status Ezra. "PSSI menghormati putusan FIFA soal status Ezra Walian," kata Gatot Widakdo selaku Direktur Hubungan Media PSSI.

Dengan hasil keputusan FIFA tersebut, maka Ezra Walian sudah dipastikan tidak bisa membela Timnas U-23 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

1 Response to "Ezra Walian dilarang tampil membela Timnas Indonesia? - Sandalin"

  1. Kok bisa PSSI nggak tau Statuta FIFA. Sehingga merekrut Ezra?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel