-->

Wajah baru TIMNAS dengan adanya Marc Klok - Sandalin


Sandalin - Hai Sandalers Pemain naturalisasi sepertinya tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta sepak bola Indonesia. dan belakangan ini ada berita terbaru dari gelandang PSM Makassar, Marc Anthony Klok.

Pemain yang lahir di Amsterdam, Belanda tepatnya pada tanggal 20 April 1993 sebentar lagi bakal resmi menjadi warga negara Indonesia.

“Proses naturalisasi itu hampir rampung. Aku sudah memenuhi semua persyaratan. Aku menyerahkannya kepada pengacaraku dan PSM untuk menyelesaikannya. Mereka bilang waktu selesainya paling lama enam bulan, tapi bisa juga satu atau dua bulan,” ujar klok.

Klok sendiri mengakui jika dia betah tinggal di Indonesia sejak awal dia datang 2017 lalu. dan ternyata klok pernah berada di Indonesia tahun 2013 lalu.

“Sebelumnya aku pernah ke Indonesia tahun 2013, liburan bersama pacarku saat itu. Pada saat itu aku sudah jatuh cinta dengan Indonesia tapi aku tak pernah berpikir untuk bermain di sini karena aku masih bermain di Eropa, di tim yang bagus,” kata Klok.

Alasan klok ingin menjadi WNI adalah supaya dia bisa menjadi contoh bagi generasi muda dan juga suapaya tidak ada yang menganggapnya lagi sebagai orang asing.

“Untuk menjadi orang Indonesia, orang-orang akan memandangku sebagai salah satu dari mereka,” katanya.

Diketahui terdapat dua cara supaya warga negara asing (WNA) bisa dinaturalisasi. yang pertama yaitu secara konvensional dan keistimewaannya. Dalam prosedur konvensional ini WNA yang mau menjadi WNI kurang lebih haru tinggal selama 5 tahun berturut - turut atau 10 tahun tidak berturut - turut di Indonesia.


Marc Klok mengaku jika dia memiliki darah bangsa Indonesia dari sang kakek buyut. Maka proses naturalisasinya berjalan cukup singkat. 

"Kakek buyutku, Jan Ernst Karel Klok, lahir di Makassar dahulu sekali. Dia punya istri orang Indonesia bernama Anna Maria Hamding,” kata Klok.

“Aku tak mengenalnya secara personal karena itu sudah lama sekali. Namun aku sudah lihat semua silsilah keluargaku, melihat semua data.” lanjutnya. Sebelumnya Klok sendiri pernah menyampaikan di Instagramnya jika kakek buyutnya lahir di Kota Makassar pada 2 Juni 1630.

Dan Klok sendiri juga sudah bisa berbahasa Indonesia, yang merupakan salah satu persyaratan untuk agar dia bisa menjadi WNI.

Pemain yang sering menyebut dirinya EwaKlok ini mengakui bahwa sejak 6 bulan bermain di PSM, ia sudah ditawari untuk menjadi WNI. Dari situlah Klok mulai berfikir untuk mengganti kewarganegaraanya.

“Baru enam bulan aku bermain di PSM, orang-orang sudah bertanya, ‘Mau kah kamu bermain untuk Tim Nasional Indonesia?’, ‘Apakah kamu mau menjadi warga Indonesia?’. Di situ aku mulai berpikir tentang kemungkinan untuk mengganti pasporku,” kata Klok.

Jika Marc Klok sudah resmi menjadi WNI, maka stok pemain naturalisasi di Indonesia akan sangat melimpah. dan juga akan berguna untuk Timnas Indonesia.

Terlebih lagi klok punya skill mumpuni dan usia yang masih muda yaitu 25 tahun. Jadi tidak menutup kemungkinan Simon McMenemy akan memanggilnya ke Timnas Indonesia mengikuti jejak Otavio Dutra yang sudah terlebih dahulu diberi kesempatan oleh pelatih asal Skotlandia itu.

1 Response to "Wajah baru TIMNAS dengan adanya Marc Klok - Sandalin"

  1. Indonesia selalu naturalisasi, tapi sepak bolanya begitu2 aja https://www.infomediashare.com/?m=1

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel